Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Macam-macam Budaya Populer yang Sering Kita Jumpai, Apa Saja itu?

 Budaya populer merupakan dialektika antara hegemonisasi (penyeragaman) dengan heterogenisasi (keragaman). Konsep keragaman (heterogenisasi) dalam budaya pop juga diungkapkan bahwa terdapat dua bagian terpisah dalam budaya popular, yakni: 

Pertama, budaya popular menawarkan keragaman ketika ia diinterpretasi ulang oleh masyarakat yang berbeda dilain tempat. 

Kedua, budaya pop itu sendiri dipandang sebagai sekumpulan genre, teks, citra yang bermacam-macam dan bervariasi yang dapat dijumpai dalam bebagai media, sehingga sukar kiranya sebuah budaya pop dapat dipahami dalam kriteria homogenitas dan standarisasi baku.

Budaya merupakan suatu kajian yang sangat menarik sekali untuk dikaji. Kurang lebih ada empat ideologi budaya yang ada di Indonesia yaitu budaya agama, budaya lokal, budaya nasional maupun budaya populer.

Akan tetapi dalam perkembangannya, keempat macam-macam budaya tersebut adakalanya saling berseberangan, dimana budaya agama yang cenderung berorientasi kepada pasca-duniawi seringkali berseberangan dengan budaya popular yang kebanyakan berorientasi kepada duniawi. Budaya lokal juga sering tergerus identitasnya oleh budaya popular, begitupula budaya nasional.

Dari keempat ideologi budaya tersebut, budaya nasional bisa dibilang adalah yang paling lemah, terbukti dengan masih adanya kasus-kasus di Negara ini yang seringkali terjadi konflik dengan mengatasnamakan etnis dan agama. Namun diantara keempat budaya tersebut, sebagai anak kandung dari kapitalisme, budaya populer adalah yang paling bisa merasuk kepada ideologi-ideologi tersebut. Meskipun dalam perjalanannya hadangan dari budaya agama, budaya lokal, dan budaya nasional selalu ada.  Ada beberapa macam-macam bentuk budaya populer di Indonesia, diantaranya sebagai berikut:

1.      Televisi
2.      Fiksi
3.      Film
4.      Surat Kabar dan Majalah
5.      Musik Pop
6.      Konsumsi dalam Kehidupan Sehari-hari.

Posting Komentar untuk "Macam-macam Budaya Populer yang Sering Kita Jumpai, Apa Saja itu?"