Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Review Buku Self Improvement "Ini Tentang Segalanya Yang Aku Kira Tidak Akan Pernah Menjadi Baik-Baik Saja"

Judul Buku : ITSYAKTAPMBBS (Ini Tentang Segalanya Yang Aku Kira Tidak Akan Pernah Menjadi Baik-Baik Saja)

Penulis Buku : Jein Setiyanto Hendri

Penerbit Buku :MWMN

Tahun Terbit : 2021

Tebal Buku : 263 halaman

Buku ITSYAKTAPMBBS adalah buku self improvement yang cenderung membahas tentang self love, self acceptance, dan juga tentang life motivation.

Buku ini terbagi menjadi 5 bagian yang dimana bagian pertama diawali dengan cerita kegagalan penulis di masa lampau, sudut pandang penulis tentang masalah tersebut dan bagaimana cara untuk tetap berusaha dalam kondisi sulit sekalipun. Di bagian lain dari buku ini cenderung membahas tentang motivasi diri untuk terus tumbuh dan berkembang menjadi manusia yang lebih baik melalui kegagalan-kegagalan yang mungkin di jumpai dalam hidup. Dan di bagian terakhir ditutup dengan penerimaan. Yaitu menerima bahwa terkadang semua hal tidak harus selalu berjalan sesuai ekspektasi seperti tak selamanya yang mencintai akan dicintai, yang baik akan dibaiki dan yang menyayangi akan disayangi. Tidak semua hal ada timbal baliknya di dunia. Bab terakhir ini juga mengajak kita untuk move on dari kegagalan sebelumnya dan terus melangkah maju karena roda terus berputar dan fase akan berganti.

Singkatnya, buku ini mengajak semua pembaca untuk berusaha menerima diri sendiri beserta kelemahan dan kelebihannya. Selain itu pembaca juga diajak untuk menerima kegagalan dan tak sungkan untuk mencoba lagi menjadi lebih baik.

 Kelebihan buku:

1. Bagian cover juga di beberapa halaman, berwarna ungu dan disertai gambar  sehingga mata tidak jenuh ketika membaca halaman demi halaman yang hitam putih. 

2. Penyampaian isi tidak terlalu berbelit-belit. Meski kata-katanya singkat namun menyentuh hati dan juga menampar diri terutama disaat diri kurang bersyukur. Selain itu cara penyampaiannya tidak seperti menggurui dan sangat menenangkan, sehingga cocok dijadikan bacaan disaat diri tidak baik-baik saja.

3. Isi dari buku bisa dinikmati untuk segala usia karena pada dasarnya belajar mencintai diri dan untuk terus tumbuh dan berkembang adalah tugas yang harus dilakukan oleh semua orang dari lahir hingga menua atau singkatnya hal yang harus dilakukan hingga akhir hayat.

Kekurangan buku :

1. Ada beberapa diksi yang sulit dipahami terutama oleh saya sebagai pembaca, misalnya kata di halaman 37 yaitu "polarisasi". Sebagai orang awam saya cukup bertanya-tanya apa arti kata itu dan akhirnya memutuskan untuk membuka google untuk mencari tahu makna kata itu. Saya rasa inipun bukan kekurangan bukunya, hanya saja kekurangan saya sebagai pembaca yang harusnya belajar lebih untuk memahami banyak diksi. Semoga beberapa diksi yang sulit dimengerti menjadi pacuan untuk pembaca mencari tahu di google sehingga menjadi pengetahuan baru untuk pembaca. Dan diksi yang sulit dipahami tidak banyak kok. Hanya satu atau dua- bagiku. hehe

Saran : Perbanyak lagi gambar-gambar di dalam bukunya. Semoga bisa lebih estetik.

Jika menggunakan diksi yang kiranya sulit dipahami pembaca, alangkah baiknya diberi penjelasan sedikit tentang diksi itu, atau menggunakan istilah lain yang sekiranya membuat pembaca paham akan diksi itu.


Posting Komentar untuk "Review Buku Self Improvement "Ini Tentang Segalanya Yang Aku Kira Tidak Akan Pernah Menjadi Baik-Baik Saja""