Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Yuk Ketahui Lebih Jauh Mengenai Billboard

Apa yang Dimaksud dengan Billboard ?

Billboard merupakan suatu bentuk promosi iklan di luar ruangan atau dalam Bahasa Inggris disebut outdoor advertising yang cara pemasangannya berdiri sendiri atau menempel di bangunan dengan menggunakan konstruksi tetap, dan reklame tersebut bersifat permanen, biasanya memiliki ukuran yang relatif besar dan diletakkan di tempat ramai dengan posisi yang strategis sehingga dapat terlihat oleh lalu-lalang orang di tempat tersebut. Billboard termasuk model reklame media luar ruangan yang paling banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar karena sifatnya yang efektif menyampaikan pesan promosi.

Seiring perkembangan teknologi sekarang ini, penerapan teknologi digital pada billboard sudah mulai banyak digunakan, orang sering menyebutnya dengan istilah digital billboard. Megatron dan Videotron merupakan contoh dari penerapan teknologi digital pada billboard.

Manfaat dari Billboard
Seperti yang sudah dituliskan di atas, fungsi atau manfaat pemasangan billboard adalah sebagai media promosi untuk menyampaikan pesan yang terkandung dari jenis iklan yang dipasang. Manfaat lainnya adalah :
- Menaikan angka penjualan
- Untuk beberapa kasus, penempatan iklan yang sesuai dengan media akan memperindah penataan di kota dimana Billboard itu terpasang.
- Menaikan reputasi pengiklan.

Spesifikasi Billboard
Untuk Billboard yang pemasangannya menggunakan tiang, konstruksi yang digunakan biasanya dari pipa besi dengan diameter dan tebal tertentu, disesuaikan dengan ukuran dan bobot billboard. Perlu diperhatikan juga faktor kecepatan angin dan cuaca di lokasi pemasangan, jangan sampai tiang tidak mampu menahan beban billboard dan jatuh yang akan mengakibatkan kerugian bagi semua pihak. Penggunaan tiang ini bisa hanya satu tiang yang disebut single pole, dua tiang / double pole atau lebih, tergantung kebutuhan. Setelah tiang terpasang, pada umumnya dibuat dudukan billboard yang biasa disebut gelagar. Gelagar ini terbuat dari besi siku 4x4 cm dibuat kotak-kotak dengan jarak 1.00 m dan tiap kotak dibuat cross (silang) sebagai penguat. Ketebalan gelagar billboard bervariasi tergantung diameter tiang, tetapi biasanya minimal 40 - 50 cm agar orang bisa masuk ke celah gelagar untuk pemeliharaan, service dan ganti materi ke depannya.

Bagaimana biaya pasang billboard? Untuk biayanya tergantung dari ukuran, tempat, dan waktu serta perusahaan penyedia billboard itu sendiri.

Posting Komentar untuk "Yuk Ketahui Lebih Jauh Mengenai Billboard"