Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Membuat Blog Keren di Blogger untuk Pemula

 


Apakah anda sudah punya blog? atau anda baru berniat akan membuat sebuah blog yang keren? Tentunya kita menginginkan sebuah blog yang keren dan bagus, baik dimata pengunjung maupun dari mesin pencari.

Berikut ini adalah kiat - kiat membuat blog keren menggunakan blogger. Silahkan ikuti tips dan langkah - langkahnya apabila anda masih awam atau belum terbiasa di dunia blogging.

Tips Membuat Blog Yang Keren

Dibawah ini adalah tips membuat blog yang keren untuk pemula. Apabila anda mempunyai pendapat yang lain, bisa anda ungkapkan dikolom komentar.

1. Menentukan Niche Blog


Langkah pertama yang anda lakukan untuk membuat blog yang keren adalah dengan menentukan tema blog. Hal ini dilakukan untuk mempermudah membuat artikel sehingga kita bisa fokus pada salah satu tema yang kita pilih.

Apabila anda tidak memiliki tema untuk blog anda, maka blog anda terkesan tidak serius atau cuma blog main - main. Walaupun tidak ada salahnya membuat blog yang gado - gado isinya, seperti blog yang sedang anda kunjungi ini. Blog ini adalah blog yang memiliki konten campur aduk.

Katanya blog yang tidak punya niche atau tema tidak terlihat serius? Perlu anda ketahui, sebenarnya blog ini membahas tentang teknologi dan apa saja yang berkaitan dengan hardware dan software komputer. Namun seiring berjalannya waktu, saya menambahkan beberapa artikel lain diluar niche blog.

Sebenarnya sah - sah saja jika anda membuat blog tanpa sebuah tema atau niche. Akantetapi ada baiknya anda menentukan dulu niche blog yang akan dibuat, fokuslah pada niche tersebut. Setelah beberapa lama anda menggarap artikel yang menggunakan niche tertentu yang sudah anda tentukan sebelumnya, maka anda bisa menambah artikel - artikel lainnya diluar niche agar blog anda lebih komplit lagi.

2. Tentukan Nama Domain


Dengan menggunakan blogger, anda bisa mendapatkan subdomain gratis dari domain utama yaitu blogger.com. Blogger menyediakan subdomain gratis bagi anda yang ingin membuat blog menggunakan platform tersebut.

Selain menggunakan domain gratisan dari blogger, anda juga bisa melakukan custom domain ke blogger. Dengan membeli nama domain TLD seperti .com, .net, .org dan lain sebagainya, maka blog anda akan terlihat lebih professional.

Buatlah sebuah nama domain yang menarik, unik, dan mudah diingat. Jika menggunakan nama domain yang terlalu panjang atau sulit dibaca, maka para pengunjung blog anda pun akan kesulitan mengingat nama blog yang telah mereka kunjungi.
Carilah nama domain yang mirip - mirip dengan niche blog yang akan anda buat. Seperti tahugoreng.com yang merujuk pada blog yang membahas seputar tahu goreng dan tahu - tahu lainnya. Usahakan nama domain tidak terlalu panjang.

3. Tentukan Tampilan Blog


Pada bagian ini, anda harus menentukan tema tampilan pada blog anda. Template blog seperti apa yang anda butuhkan? apakah template untuk blog berita, personal, toko online, atau yang lainnya.

Gunakan juga template yang ringan, bersih dan enak dipandang. Jangan gunakan tema yang terlalu ramai seperti dipasar dan tidak responsive. Anda bisa mencari tema atau template di internet, ada banyak kok.

Beberapa pembuat dan penjual template premium yang saya ketahui seperti idntheme, idblanter, goomsite, kompi ajaib, dan lain lain. Saran saya apabila anda punya uang yang cukup untuk membeli sebuah template blog, maka beli saja template premium. Dengan menggunakan template premium maka blog anda akan terkesan lebih professional.

4. Konten Yang Menarik dan Bermanfaat


Apa jadinya sebuah blog atau website tanpa konten? tentu blog tersebut akan sepi pengunjung karena tidak ada informasi atau sesuatu apapun dalam blog tersebut. Maka dari itu, kekuatan sebuah blog yang bagus adalah pada kualitas kontennya.

Buatlah artikel yang menarik dan jangan lakukan copy paste dalam membuat sebuah artike atau konten. Hal ini hanya akan merugikan blog anda, jika anda melakukan plagiat konten secara terus menerus.

Memang berat rasanya bagi kita termasuk saya juga ya, untuk membuat artikel yang original tanpa copy paste dari blog orang lain. Akantetapi jika anda benar - benar kesulitan untuk membuat artikel yang original, anda bisa melakukan tulis ulang artikel orang lain tapi menggunakan gaya bahasa kita sendiri.

Apabila anda tetap saja kesulitan membuat artikel, maka cara lain yang bisa anda lakukan adalah dengan membeli artikel dari sebuah jasa penulisan artikel tanpa plagiarisme. Ya.. memang membutuhkan biaya lebih jika anda membeli sebuah artikel, memang sudah sepantasnya seorang blogger mulai dari sekarang latihan menulis. Jadi, tindak kejahatan seperti copy paste artikel orang bisa kita minimalisir.

5. Lakukan Pengoptimalan SEO


SEO atau kepanjangannya Search Engine Optimization adalah salah satu teknik yang sudah sangat lama dilakukan oleh para suhu di dunia blogging. Pada artikel kali ini saya tidak akan menjelaskan tentang cara bermain SEO.

Anda bisa cari tahu sendiri tentang teknik - teknik SEO untuk blog dari para blogger - blogger yang sudah berpengalaman. Kalau saya sendiri masih kurang bisa dan kurang tau cara melakuakn trik SEO yang baik dan benar. Jadi, saya diblog ini sebenarnya hanya menulis artikel biasa dan kurang memperhatikan segi SEOnya.

Terimakasih telah membaca artikel ini hingga keujung pembahasan. Semoga tips membuat blog keren di blogger ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Silahkan berkomentar jika anda memiliki pendapat keren yang diperlukan oleh sobat blogger lainnya.

Posting Komentar untuk "Tips Membuat Blog Keren di Blogger untuk Pemula"