Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Belajar Bahasa Inggris Secara Otodidak

 Cara kerjanya sama seperti kita menguasai suatu keterampilan. Sebut saja mengendarai motor misalnya. Untuk bisa menguasainya, kita tidak hanya mengandalkan teori, tetapi butuh praktik yang terus menerus dilakukan sampai akhirnya bisa mengendarai motor.

Agar bisa mengendarai motor, tentu kita harus mencoba mengendarainya di lapangan secara nyata. Saat berlatih, kita akan menemui berbagai kendala, seperti saat melewati tikungan, saat melewati gang sempit, saat berada di jalur cepat ataupun jalur padat. Dari kondisi-kondisi itu, kita akan menemukan berbagai cara untuk mengatasinya.

Seperti itulah cara belajar bahasa Inggris. Meskipun kita sudah banyak mempelajari teori bahasa Inggris, semua tidak ada gunanya jika tidak dipraktikkan. Banyak yang sudah khatam teori bahasa Inggris, tetapi mereka tidak tahu bagaimana cara memperkenalkan diri, cara membuat surat lamaran dalam bahasa Inggris, cara menjawab soal TOEFL, cara menanyakan alamat atau arah jalan, cara menceritakan hobi, ataupun hal-hal lainnya yang ditemukan dalam kehidupan nyata.

Nah, agar tidak terjebak dengan teori-teori yang kurang bermanfaat dalam kehidupan nyata, sekarang saatnya menentukan tujuan Anda dalam mempelajari bahasa Inggris. Lalu, tentukan materi atau topic apa saja yang Anda butuhkan untuk mencapai tujuan tersebut. Dari situ, Anda bisa menentukan jadwal harian untuk berlatih dan menggunakan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut ini adalah beberapa tips belajar berbahasa inggris mengenai bagaimana cara mempelajari bahasa Inggris sendiri atau secara otodidak:

1.    Cobalah berpikir dalam bahasa Inggris


Bahasa bukan hanya merupakan alat komunikasi, tetapi ia juga merupakan alat berpikir. Memang cukup sulit berpikir dalam suatu bahasa yang belum Anda kuasai sepenuhnya. Namun, cobalah berpikir sedikit demi sedikit menggunakan bahasa Inggris.

Cara ini bisa dilakukan mulai dengan hal yang sederhana. Misalnya, ketika Anda melihat sesuatu yang Anda sukai, katakanlah dalam hati “Hmm.. I like it!”. Atau ketika Anda menonton film yang Anda sukai, katakanlah “Wow, that’s amazing.” Ketika Anda datang terlambat ke tempat kerja, katakanlah “Oh my  God, I’m late!”.

Untuk bisa berpikir dalam bahasa Inggris, cobalah pelajari ungkapan-ungkapan sederhana yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya ungkapan yang sudah saya tulis dalam artikel 10 Ungkapan Bahasa Inggris yang Paling Sering Digunakan Sehari-Hari. Selain itu, masih banyak ungkapan-ungkapan lainnya yang biasa digunakan sehari-hari. Anda tinggal mencarinya di internet. Semua tersedia di sana.


2.    Sedikit materi, banyak praktik


Lebih baik mempelajari sedikit materi tetapi banyak digunakan daripada mempelajari banyak teori tanpa pernah dipraktikkan. Mempraktikkan sedikit materi akan membuat kita semakin paham dan semakin lancar dalam menggunakan bahasa Inggris.

Setiap hari, aturlah jadwal untuk mempelajari satu topik saja mengenai bahasa Inggris untuk kemudian dipraktekkan. Ini lebih baik ketimbang mempelajari banyak teori pada satu hari, tetapi pada hari-hari berikutnya tidak belajar apa-apa.

Ibarat menancapkan paku pada papan, kita harus memukulnya dengan palu berkali-kali sampai paku itu menancap kuat. Jika hanya memukul paku 1-2 kali saja, paku tersebut tidak akan menancap dengan kuat bukan?

3.    Membaca artikel bahasa Inggris


Membaca adalah salah satu keterampilan berbahasa. Jika ingin menguasai bahasa Inggris, cobalah baca beberapa artikel berbahasa Inggris. Tidak perlu artikel yang susah, seperti artikel berita di Koran ataupun artikel ilmiah popular. Namun, cobalah baca artikel sederhana, seperti cerita anak-anak ataupun artikel ringan lainnya.

Untuk membaca artikel ini, tidak perlu yang panjang-panjang. Cobalah membaca kalimat per kalimat, lalu tanyakan pada diri Anda apakah Anda sudah memahaminya. Lalu, lanjutkan membaca sampai satu paragraf hingga selesai satu artikel.

Untuk memudahkan Anda menerjemahkan artikel tersebut, Anda bisa memanfaatkan fasilitas Google Translate di intenet. Namun, sebelum menggunakannya, cobalah menerjemahkannya sendiri dan buat catatan apa saja yang sudah dan belum Anda pahami pada artikel tersebut.

4.    Menulis dalam bahasa Inggris


Dalam sehari, berapa banyak Anda menulis status di Facebook, Twitter, BBM, ataupun SMS? Tentu sering sekali bukan? Nah, cobalah menuliskan status ataupun pesan tersebut dalam bahasa Inggris. Tidak perlu panjang-panjang. Cukup sedikit demi sedikit sampai akhirnya Anda bisa menulis banyak kalimat dalam bahasa Inggris.

Untuk menulis dalam bahasa Inggris, mulailah dari kalimat sederhana. Struktur kalimat dalam bahasa Inggris bisa Anda baca di sini.

5.    Mendengarkan lagu-lagu dalam bahasa Inggris


Anda tentu punya lagu favorit berbahasa Inggris bukan? Dengarkanlah lagu itu sesering mungkin. Cari liriknya di internet lalu coba pahami artinya.

Mendengarkan lagu-lagu berbahasa Inggris tidak hanya menambah vocabulary Anda, tetapi juga bisa melatih keterampilan mendengar (listening) dan pengucapan (pronunciation). Mendengarkan lagu berbahasa INggris juga bisa mempercepat pemahaman Anda dalam menguasai bahasa Inggris, karena lirik-lirik dalam lagu biasanya adalah bahasa Inggris yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

6.    Mendengarkan radio berbahasa Inggris


Mendengarkan stasiun radio berbahasa Inggris di luar negeri kini semakin mudah dengan adanya audio streaming di internet. Anda bisa memilih stasiun radio favorit Anda untuk didengarkan. Misalnya, radio BBC atau VOA.

Di situs BBC dan VOA, juga ada materi mengenai belajar bahasa Inggris. Anda bisa mempelajarinya sedikit demi sedikit. BUatlah catatan yang menurut Anda penting untuk dipelajari.

7.    Menonton film berbahasa Inggris


Menonton film tentu sangat menyenangkan bukan? Apalagi jika film itu favorit Anda. Nah, film sebenarnya bisa menjadi sarana untuk belajar bahasa Inggris dengan cepat.

Caranya, tonton film tersebut dan cari subtitlenya di internet. Sambil Anda menonton, Anda bisa membaca subtitlenya. Ini sangat bermanfaat untuk mengetahui cara pengucapan (pronunciation) bahasa Inggris.


Itulah beberapa tips untuk mempelajari bahasa Inggris secara mandiri atau otodidak. Intinya adalah, jadikan bahasa INggris bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan Anda. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah dan cepat dalam menguasai bahasa Inggris. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "7 Cara Belajar Bahasa Inggris Secara Otodidak"