Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12 Tempat Wisata Di Lombok: Kaya Akan Pantai Yang Eksotis

 Keindahan alam dari tempat wisata di Lombok menawarkan pesona berbeda dari daerah lain. Lombok adalah salah satu pulau di Indonesia yang memiliki alam dan budayanya eksotis dan telah dikenal oleh dunia internasional.


Alamnya yang indah menyuguhkan destinasi wisata alam yang komplit dari laut hingga gunung nan menawan. Gunung yang terkenal di Lombok adalah Gunung Rinjani yang merupakan gunung tertinggi ke-tiga di Indonesia, dimana ketinggiannya mencapai 3.726 m Dpl. Selain gunung Lombok juga memiliki destinasi alam berupa pantai nan menawan. Maka dari itu Lombok bisa di jadikan pilihan liburan bagimu dan keluarga atau teman. Berikut adalah daftar tempat wisata di Lombok:



Pantai Senggigi

tempat wisata di Lombok yang menarik: pantai senggigi
Camille Lemmens

Pantai Senggigi adalah salah satu tempat wisata di Lombok yang paling terkenal. Ketenarannya tak hanya dikenal oleh para wisatawan domestik, namun juga wisatawan luar negeri. Pantai dengan garis pantai yang panjang ini menyuguhkan gradasi warna garis pantai dari hitam hingga ke putih. Air lautnya memiliki ombak yang tidak begitu besar, jernih dan bersih.

Di pantai ini kamu juga bisa melakukan aktifitas snorkeling, berenang atau hanya sekedar bermain-main di tepi pantai. Oleh karena itu Pantai Senggigi termasuk kedalam jajaran tempat wisata di Lombok yang wajib dikunjungi.



Pantai Kuta Lombok


tempat wisata di lombok: pantai kuta lombok

Tempat wisata di Lombok yang wajib dikunjungi yang lain adalah Pantai Kuta Lombok. Namanya hampir sama dengan pantai Kuta di Bali, tapi pantai ini bukanlah di Bali melainkan terletak di selatan Pulau Lombok. Pantai ini diberi nama Kuta karena lokasinya secara administratif berada di Desa Kuta, tak jauh dari Bandara Internasional Lombok. Jika kamu dari Pantai Senggigi, kamu hanya perlu waktu selama 1,5 jam.



Desert Point Lombok


tempat wisata di lombok: desert point lombok

Desert point adalah tempat wisata di Lombok yang menarik dan surganya bagi para pecinta olahraga surfing atau selancar. Salah satu tempat surfing terpopuler Indonesia ini telah dinobatkan sebagai salah satu dari 10 tempat surfing dengan ombak terganas versi International Surfing Association.

Nama lain dari desert point adalah Bangko-Bangko. Jika kamu hendak datang ke Bangko-Bangko, kamu bisa menggunakan rute perjalanan dengan menaiki kapal ferri dari Bali menuju pelabuhan Lembar di Lombok. Pantai desert point ini terletak di Barat Daya Pesisir Lombok.

Jika kamu hendak datang ke pantai ini jangan khawatir mengenai akomodasi dan tempat tinggal karena di sini terdapat tempat penginapan dan juga penyewaan mobil.



Gunung Rinjani


destinasi wisata alam di lombok: gunung rinjani

Salah satu tempat wisata di Lombok yang resmi di tetapkan statusnya sebagai taman nasional Indonesia adalah Gunung Rinjani. Karena Rinjani memiliki ekosistem khas Indonesia, karakter hutan hujan pegunungan dan savana.

Luas area taman nasional Gunung Rinjani sekitar 40 ribu hektar. Gunung Rinjani terletak di Pulau Lombok bagian utara dengan ketinggian 3.726 meter Dpl dan merupakan gunung tertinggi ketiga setelah gunung Kerinci.

Gunung Rinjani memiliki kawah yang luas, dan terdapat sebuah danau kawah yang disebut dengan Danau Segara Anak. Menurut keyakinan masyarakat setempat, jika Danau tersebut terlihat luas maka itu pertanda bahwa usia orang yang melihatnya masih panjang. Sebaliknya jika tampak sempit maka menandakan usia orang yang melihatnya pendek. Danau ini juga dapat digunakan sebagai tempat pemancingan.



Gili Air


destinasi wisata alam pantai di lombok: gili air

Salah satu dari tiga pulau eksotis di Lombok yang menjadi destinasi wisatawan mancanegara. Gili berarti pulau. Pulau yang terletak dibagian barat Pulau Lombok ini memiliki air laut yang bening dan jernih, pasir putih yang bersih, terumbu karang, serta aneka ikan hias yang menawan.

Gili air adalah pulau yang paling dekat dengan Lombok. Selain itu Gili Air memiliki jumlah penduduk lokal yang lebih banyak ketimbang gili lainnya.



Gili Meno


destinasi wisata pantai di lombok: gili meno

Gili Meno adalah salah satu dari 3 pulau yang menawan di Lombok. Pulau ini terletak diantara Gili Air dan Gili Trawangan. Gili Meno adalah tempat relaks yang tepat untuk kamu yang ingin mencari ketenangan dan menikmati suasana pantai yang relatif sunyi dibandingkan 2 pulau lainnya.



Gili Trawangan


destinasi wisata di lombok yang wajib dikunjungi: gili trawangan

Pulau yang paling terkenal diantara tiga pulau yang eksotis di Lombok. Banyak sekali wisatawan yang datang ke gili ini untuk menikmati keindahan pantai dengan berenang, snorkeling, dan berjemur. Tersedia banyak fasilitas publik di pulau ini diantaranya hotel atau penginapan, restoran, cafe, diskotik dan tempat ibadah.

Di bandingkan 2 gili yang ada di lombok  Gili Trawangan adalah pulau yang letaknya paling jauh dari Lombok. Gili Trawangan adalah pulau paling ramai dikunjungi, karena sering digelar pesta pantai dengan alunan musik sepanjang malam.



Pantai Selong Belanak


tempat wisata di lombok wajib dikunjungi: pantai selong belanak

Pantai yang memiliki pasir pantai yang putih dan bersih ini berada di kabupaten Lombok Tengah. Pantai Selong Belanak adalah tempat wisata di Lombok yang rekomended bagi kamu yang mencari tempat yang tenang dan relaks.



Pantai Tanjung Aan


daftar tempat wisata di lombok: pantai tanjung aan

Pantai Tanjung Aan adalah Pantai yang posisinya berdekatan dengan Pantai Kuta Lombok. Jika kamu hendak ke pantai ini, dari kota Mataram hanya memerlukan waktu sekitar 1,5 jam karena perjalanan menuju ke sini lumayan lancar dengan jalan beraspal dan mulus. Karakteristik dari pantai ini adalah pasir putih yang bersih dan juga air laut yang kebiruan dan jernih yang akan dan menjadikan pantai ini terlihat menawan.



Pantai Tanjung Bloam


tempat wisata di lombok yang menarik: pantai tanjung bloam

Pantai Tanjung Bloam adalah salah satu destinasi wisata di Lombok yang namanya kurang dikenal oleh banyak orang di luar Lombok. Tanjung ini berada di bagian selatan Lombok dan termasuk kedalam Kabupaten Lombok Barat. Jika kamu ingin datang ke Pantai ini, dari Kota Mataram kamu akan menempuh perjalanan sekitar 2,5 jam dengan akses jalan menuju ke tempat ini yang belum beraspal.

Di pantai ini kamu akan menyaksikan konservasi penyu dengan habitat di sekitar tebing dan berada di sepanjang garis pantai yang terbentang dari ujung utara hingga selatan. Panorama pantai nan indah dan beda dari pantai-pantai lain di Indonesia dari pantai ini adalah dengan adanya dua tening batu padas yang mengapit pantai, dan hamparan pantai berpasir putih dengan air jernih lautnya.



Pantai Sekotong


tempat wisata di lombok yang menarik: pantai sekotong

Daftar tempat wisata di Lombok selanjutnya adalah Pantai Sekotong. Pantai Sekotong adalah tempat wisata di Lombok yang berada di wilayah Kabupaten Lombok Barat. Salah satu tempat wisata di Lombok ini memiliki rute yang mudah dijangkau dari berbagai rute.

Rute ke Pantai Sekotong dari Kota Mataram akan memakan waktu sekitar 1 jam dengan jarak 60 Km melewati Pelabuhan Lembar. Jika mengambil rute dari Pantai Selong Belanak di Lombok Tengah akan memakan waktu 1,5 jam dengan jarak tempuh sekitar 75-85 km.



Rumah Adat Dusun Sade


tempat wisata di lombok: rumah adat dusun sade
beautyofindonesia.com

Dusun Sade adalah salah satu desa adat yang berada di Desa Rambitan, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. masyarakat yang menghuni dusun ini adalah penduduk dari Suku Sasak, yakni masyarakat yang masih memegang teguh adat tradisi Lombok hingga ini.

Sistem sosial dan kehidupan keseharian masyarakat di Dusun Sade masih sangat kental dengan tradisi, salah satunya adalah rumah adat masyarakat Sasak yang berasal dari bambu dengan atap yang berasal dari daun alang-alang yang masih berdiri kokoh dan terawat.


Nah, itu adalah daftar tempat wisata di Lombok yang bisa menjadi pilihan destinasi berliburmu. Jika Anda ingin berkunjung ke Lombok, kami mempunyai rekomendasi Paket Honeymoon Lombok terkait kenyamanan dan keamanan selama berkunjung bersama pasangan yang dapat Anda cek langsung via web https://infotourlombok.com.

Posting Komentar untuk "12 Tempat Wisata Di Lombok: Kaya Akan Pantai Yang Eksotis"